Pengenalan Bangun Ruang

Pengenalan Bangun Ruang

Bangun ruang adalah suatu bagian yang dibentuk dari suatu titik titik yang terdapat pada seluruh bagian permukaan bangun sehingga menjadi sebuah bangun yang memiliki ruang. Permukaan bangun tersebut dapat disebut dengan sisi. Sedangkan sisi pada bangun ruang adalah suatu kumpulan titik titik yang terdapat pada suatu bidang permukaan. Untuk mempermudahkan seseorang memahami materi bangun ruang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan ruangan pada kamar mandi berbentuk kubus dengan setiap panjang ruangan tersebut memiliki ukuran yang sama. Misalkan contoh pada bentuk bentuk bangun ruang dibawah ini :

Dari gambar diatas dapat mempermudahkan seseorang untuk memahami konsep bangun ruang dengan adanya benda yang kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari. Bangun ruang terdiri dari :

1. Balok

Balok adalah suatu bangun ruang yang tersusun dari bangun datar seperti  persegi panjang yang dihubungkan menjadi sebuah bangun ruang yang memiliki panjang, lebar, tinngi dan juga memiliki volume. Pada gambar diatas dapat diketahui bahwa balok dibatasi dengan enam buah bidang sisi yang setiap sisinya berbentuk persegi panjang. Contoh bangun ruang balok dalam kehidupan sehari-hari yaitu: penghapus, almari, radio, televisi, kardus, dan lain sebagainya.

2. Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang tersusun dari persegi yang memiliki sisi yang sama. Kubus memiliki titik sudut berjumlah 8, memiliki sisi yang sama besar berjumlah 6, dan memiliki rusuk berjumlah 12. Contoh dari kubus yaitu: dadu, rubik, kardus kapur, dan lain sebagainya.

3. Prisma Tegak Segitiga

Prisma tegak segitiga adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah segitiga yang sejajar dan tiga buah persegi panjang yang saling berpotongan. Prisma tegak segitiga memiliki 9 rusuk dan 6 titik sudut.

4. Limas

Pada gambar diatas merupakan limas segiempat. Selain limas segiempat adapun limas memiliki sisi tiga, empat, lima, dan lainnya. Dalam artikel ini kita akan membahas limas segiempat . Limas segiempat adalah suatu bangun ruang yang memiliki bangun datar segiempat sebagai alasnya dan empat segitiga yang memuju ke satu titik persekutuan. LImas segitiga pada gambar diatas memiliki 8 rusuk, 5 titik sudut dan satu titik persekutuan. Dalam limas segitiga terdapat alas yang berbentuk segiempat dan sisi yang lainnya berbentuk segitiga.

5. Tabung

Tabung adalah suatu bangun ruang yang dibatasi dua buah lingkaran yang sejajar dan sebuah bidang lengkung  yang sama panjangnya dengan poros lingkaran sejajar. Contoh dari bangun tabung yaitu : tong sampah, pipa pralon, kaleng susu, kaleng oli, dan lain sebagainya. Pada bangun tabung tidak memiliki titik sudut tetapi tabung hanya memiliki 2 rusuk lengkung.

6. Kerucut

Kerucut adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh bidang datar dan bidang lengkung. Kerucut dapat disebut dengan limas yang memiliki sisi tegak tak terhingga. Pada kerucut ini memiliki alas yang berbentuk lingkaran dan satu sisi berbentuk bidang lengkung yang disebut dengan selimut kerucut.

7. Bola

Bola adalah suatu bangun ruang yang memiliki permukaan yang rapat dan bagian dalamnya kosong. Bola terdiri dari berbagai macam contohnya bola voli, bola pingpong, kelereng dan lain sebagainya. Bola hanya memiliki 1 sisi berbentuk bidang lengkung yang bisa disebut dengan selimut bola. Pada bangun ruang satu ini tidak memiliki rusuk maupun titik sudut.

Soal Latihan !

  1. Sebutkan berapa jumlah rusuk, sisi, dan titik sudut pada bangun ruang balok !
  2. Jelaskan pengertian tentang bangun ruang kubus !
  3. Bangun datar apakah yang membatasi suatu bangun ruang prisma ? Jelaskan !
  4. Sebutkan jumlah rusuk, sisi, titik sudut pada bangun ruang limas !
  5. Jelaskan pengertian tentang tabung !
  6. Jelaskan dan beri contoh kehidupan sehari-hari mengenai bangun ruang kerucut!

Tinggalkan komentar